THE EFFECT OF USING SPACE LAUNCH STRATEGY TOWARDS THE ABILITY IN WRITING NARRATIVE ESSAY OF THE SECOND YEAR STUDENTS AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 3 PEKANBARU

Main Author: Melisa Putri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/9742/1/2013_2013330PBI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/9742/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan penyelidikan awal di SMAN 3 Pekanbaru, beberapa siswa kelas dua memiliki kemampuan yang rendah dalam menulis essai naratif. Hal ini disebabkan karena beberapa masalah, beberapa siswa tidak mampu mengekspresikan ide mereka dalam menulis essai naratif, beberapa siswa tidak mampu menulis kronologi essai naratif sesuai dengan struktur umum essai naratif, beberapa siswa tidak mampu memilih kata yang sesuai, dan beberapa siswa tidak mampu menggunakan tanda baca yang tepat. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang judul ini. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tujuan: (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis essai naratif yang diajarkan dengan menggunakan strategi Space Launch (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis essai naratif yang diajarkan tanpa menggunakan strategi Space Launch (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Space Launch terhadap kemampuan dalam menulis essai naratif siswa kelas dua SMAN 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua SMAN 3 Pekanbaru. Untuk sampelnya, peneliti mengambil dua kelas, kelas control dan kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa untuk setiap kelas. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes menulis dan dinilai dengan menggunakan penilaian yang disediakan oleh sekolah. Peneliti memberikan pre-test dan post-test dalam penelitian ini. Teknik dalam menganalisa data adalah t-test yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari strategi yang digunakan. Analisa dilakukan dengan menggunakan SPSS 16. Akhirnya, berdasarkan analisa t-test, peneliti menemukan bahwa t o lebih besar dari t tabel baik pada signifikan 5% atau 1%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa null hypothesis (Ho) ditolak dan alternatif hypotesis (Ha) diterima. Maksudnya, ada pengaruh yang signifikan dari strategi Space Launch terhadap kemampuan menulis essai naratif siswa kelas dua SMA Negeri 3 Pekanbaru.