PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE REVIEW FLIP CHART/SLIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Rahmiyenti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/8815/1/2013_2013943PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/8815/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Review Flip Chart/Slide dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe review flip chart/slide sebagai variabel bebas (independent), dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sebagai variabel terikat (dependent). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 44,00% atau 11 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 18 orang atau ketuntasan hanya mencapai 72,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 23 orang siswa atau dengan persentase 92,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe review flip chart/slide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.