PENERAPAN STRATEGI SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Yelsa Maziani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8807/1/2013_2013410PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8807/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi sepak bola verbal dalam meningkatkan aktivitas belajar ilmu pengetahuan sosial pada materi lingkungan alam dan buatan siswa kelas III SD Negeri 036 Karya Indah kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIISD Negeri 036 Karya Indah tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Sedangkan yang menjadiobjekpenelitianiniadalahmeningkatkanaktivitasbelajarIlmuPengetahuanSo sialpadamaterilingkunganalamdanbuatanmelaluistrategisepak bolaverbal. Prosedurpenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK). Agar penelitiantindakankelasiniberjalandenganbaiktanpahambatan yang mengganggudenganmenerapkanstrategisepak bola verbal, makatahapan-tahapan yang dilaluidalam PTK adalah: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Hasilpenelitiandenganpenerapanstrategisepak bola verbal padamatapelajaran IPS diketahuibahwaadanyapeningkatanaktivitasbelajardarisebelumtindakankesiklus I dansiklus II.Sebelumtindakanaktivitasbelajarsiswahanyamencapai rata-rata 45%.Padasiklus I rata-rata aktivitasbelajarsiswamenjadi 56% danpadasiklus II aktivitasbelajarsiswameningkatmenjadi 68%.Keadaaninimenunjukkanbahwaperbaikanpembelajaranpadamatapelajaran IPS denganstrategisepak bola verbal dikatakanberhasil.