PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SALO KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Herlina,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8745/1/2013_2013775PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8745/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 75. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 55,00% atau 11 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 70,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 90,00%.