PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MEET THE GUES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 018 PAGARUYUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Erna Yulidar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/8060/1/2012_2012495.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/8060/
Daftar Isi:
  • Memperhatikan fenomena yang terjadi di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV pada materi koperasi, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Meet the Gues. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Koperasi siswa kelas IV SDN 018 Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dengan penerapan strategi pembelajaran Meet the Gues. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata nilai 41% dengan kategori sedang, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan ratarata nilai 64% dengan kategori sedang, dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan perolehan rata-rata nilai 95% dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Meet the Gues dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi koperasi