Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah pada tingkah laku siswa yang masih nakal. Pada hal keluarga sudah mendidik akhlak anaknya dan pembelajaran Aqidah Akhlak di madrasah sudah dilaksanakan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan akhlak dalam keluarga terhadap tingkah laku siswa; (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap tingkah laku siswa; dan (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan akhlak dalam keluarga dan pembelajaran Aqidah Akhlak secara bersama-sama terhadap tingkah laku siswa MTs Se-Kabupaten Rokan Hulu? Jenis penelitian ini adalah field research yaitu peneliti lapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 766 siswa dan sampel diambil sebanyak 15%, dengan berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, yaitu penentuan sample secara acak. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Release 16.0. Hasil penelitian ini adalah: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan Pendidikan Akhlak dalam Keluarga dan Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Tingkah Laku Siswa MTs se-Kabupaten Rokan Hulu Hal ini didasarkan hasil korelasi nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Tingkah Laku siswa MTs se-Kabupaten Rokan Hulu, sebab nilai Sig. (2- tailed) 0.000 < 0.05; dan (3)Terdapat pengaruh yang signifikan Pendidikan Akhlak dalam Keluarga dan pembelajaran Aqidah Akhlak secara bersama-sama terhadap tingkah laku siswa MTs se-Kabupaten Rokan Hulu, hal ini dari Uji F ANOVA menunjukkan besar nilai F adalah 25.826 sedangkan signifikan ANOVA 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh secara signifikan. Persamaan garis regresinya adalah Y = 22.725 + 0,463 (X1) + 0,276 (X2 ), jika Konstanta sebanyak 22.725; artinya jika Pendidikan Akhlak dalam Keluarga ( X1 ) dan Pembelajaran Aqidah Akhlak ( X2 ) nilainya adalah 0, maka Tingkah Laku Siswa ( Y ) nilainya adalah 22.725. Koefisien regresi variabel Pendidikan Akhlak dalam Keluarga (X1 ) sebanyak 0,463; artinya jika variabel independen lain nilainya tetap dan Pendidikan Akhlak dalam Keluarga mengalami kenaikan 1%, maka Tingkah Laku Siswa ( Y ) juga mengalami peningkatan sebanyak 0,463. Sumbangan pengaruh Pendidikan Akhlak dalam Keluarga dan Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Tingkah Laku Siswa MTs se-Kabupaten Rokan Hulu dikategorikan Cukup Kuat, yakni 41,1%, sedangkan sisanya sebanyak 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain.