SISTEM TEMU KEMBALI PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER PERPUSTAKAAN DIGITAL METODE K-MEANS
Daftar Isi:
- Pelayanan diperpustakaan UIN SUSKA RIAU dalam pelayanan terhadap pembaca kurang diterapkan sehingga kurangnya minat bagi mahasiswa untuk membaca di perpustakaan. Dengan adanya pelayanan terhadap customer (pembaca) dapat meningkatkan proses pengelolaan, pelayanan, serta pengembangan sistem perpustakaan perlu dukungan sistem informasi dan metode yang mendukung proses penelitian ini, dengan begitu penulis menggunakan bidang sistem informasi temu kembali atau Information Retrieval (IR), Ilmu Library Information Retrieval (LIR) dan Information Retrieval (IR) menjadi proses yang penting yang dimanfaatkan pada penelitian ini, terhadap metode yang digunakan dalam pencarian dokumen berdasarkan representasi berupa kata kunci, yaitu keyword sebagai bentuk query yang diterapkan spinx search sebagai sistem indexing, untuk melakukan proses perhitungan dari seluruh dokumen buku menggunakan metode cosine similarty yang menjadi inputan dan metode K-Means yang mampu mengcluster dokumen untuk rekomendasi member. Pengujian pada sistem temu kembali dilakukan dengan nilai Precision, Recalldan Blackbox. Berdasarkan hasil pengujian dihasilkan nilai precision sebesar 92,14%dan recall sebesar 100% dengan rasio mendekati 10:9. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem temu kembali yang dibangun mendekati ideal. Kata kunci : consine similarty, Information Retrieval (IR), k-Means, perpustakaan Termfrequency-inverse document frequency (TF-IDF),