PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan media sebagai pengalaman dalam belajar yang masih menggunakan media seadanya. Hal itu belum dapat memfasilitasi siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 44 siswa untuk uji kelompok terbatas dan objek penelitian adalah media pembelajaran matematika berbasis pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, media pembelajaran matematika berbasis pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,74%. Berdasarkan uji praktikalitas, Media Pembelajaran matematika berbasis pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) untuk kelompok kecil dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 89,20%, untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentase tingkat kepraktisan 87,60%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematis, Media Pembelajaran matematika berbasis pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) sudah memfasilitasi pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 85,22% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI), Pemahaman Konsep.