ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BANGKINANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang dan kegiatan penelitian ini dilakukan pada bulan April tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan rawat inap dan upaya yang dilakukan pihak Rumah Sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan rawat inap tersebut, dengan menggunakan indikator pelayanan yaitu: 1. Tangible (Berwujud), 2. Reliability (Kehandakan), 3. Responsiveness (Daya Tanggap), 4. Assurance (Jaminan), 5. Emphaty (Perhatian). Berdasarkan hasil rekapitulasi penelitian jawaban responden atau pasien mengenai kelima indikator tersebut menyatakan bahwa kualitas Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang dapat dikategorikan Cukup/Kurang, hal ini dapat dilihat dari jawaban responden dari total 20 item pertanyaan yang telah peneliti sebarkan melalui quesioner bahwa yang menyatakan Sangat Setuju adalah 3,01%, yang menyatakan Setuju adalah sebesar 37,14%, yang menyatakan Ragu-Ragu adalah sebesar 43,67%, yang menyatakan Kurang Setuju adalah sebesar 14,34% dan yang menyatakan Tidak Setuju adalah sebesar 1,94%. Hal-hal yang menyebabkan kualitas rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang termasuk dalam kategorikan Cukup/Kurang adalah kurangnya kelengkapan fasilitas dan peralatan medis, kurangnya tenaga medis yang profesional, mengalami keterbatasan anggaran serta belum memiliki ruang atau waktu khusus untuk melayani keluhan pasien Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang belum cukup baik dan belum memuaskan pelanggan dalam memberikan pelayanan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Rawat Inap, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang