PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VII DI SMP NEGERI 16 SIAK KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

Main Author: Junaidi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1092/1/2011_2011540.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1092/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah peningkatan sikap positif belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 016 Siak Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Sikap Positif Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VII SMP Negeri 016 Siak?”. Dalam penelitian ini subjeknya 26 orang siswa SMP Negeri 016 Siak dan yang menjadi objeknya adalah penerapan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan sikap positif belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari perbandingan antara sebelum dan sesudah tindakan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sikap positif terhadap pelajaran matematika pada materi pokok bangun ruang sisi datar kelas VII SMP Negeri 016 Siak melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.