PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THREE STAY ONE STRAY (TSOS) DI KELAS X IPA3 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Main Author: Yuninda Andri Avni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1054/1/2011_2011412.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1054/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik kelas X IPA3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Three Stay One Stray (TSOS). Dalam penelitian ini rumusana masalahnya adalah “Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif teknik Three Stay One Stray (TSOS) di kelas X IPA3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif teknik Three Stay One Stray (TSOS) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Pokok bahasan yang digunakan yaitu Trigonometri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan setiap kali pertemuan, digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Sedangkan Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Analisis data yang dilakukan dengan melihat ketercapaian indikator motivasi belajar siswa pada siklus 1 adalah 3.31 (sedang), siklus 2 adalah 4.03 (tinggi), dan siklus 3 adalah 4.57 (sangat tinggi) yang mengalami peningkatan secara signifikan sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Three Stay One Stray (TSOS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru.