PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI DAN PEMANFAATAN SENYAWA HIDROKARBON DI KELAS X1 SMAN I PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Ummi Rofiqoh, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/10513/1/2010_2010395PK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/10513/ |
Daftar Isi:
- Salah satu permasalahan dalam pembelajaran di SMAN I Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan adalah kurangnya motivasi dan minat siswa terhadap mata pelajaran kimia, sehingga mengakibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan Minyak Bumi dan Pemanfaatan Senyawa Hidrokarbon di kelas X1 SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X1 SMAN I Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan yang berjumlah 31 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada pokok bahasan Minyak Bumi dan Pemanfaatan Senyawa Hidrokarbon. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian ini diperoleh dari data hasil observasi keaktifan belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lembar observasi keaktifan dianalisis menggunakan rumus analisis deskriptif p = F/Nx100%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan belajar siswa dari 54.6% pada saat pra tindakan, menjadi 61.1% pada siklus I dan kemudian meningkat lagi menjadi 78.1% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan Minyak Bumi dan Pemanfaatan Senyawa Hidrokarbon di kelas X1 SMAN I Pangkalan Kerinci kabupaten Pelalawan.