PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LAPISAN TUMBUHAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL BERBASIS ANDROID
Main Authors: | Ahmad Safi’i Ma’Arif, Asfan Muqtadir, Fitroh Amaludin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/187 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/187/200 |
Daftar Isi:
- Pada lingkungan sekolah maupun masyarakat terdapat baragam tumbuhan yang tumbuh subur di sekitar pemukiman maupun yang jauh dari pemukiman, tumbuhan dikelompokan menjadi dua jenis, yaitu tumbuhan monokotil dan dikotil. Akan tetapi masih banyak pelajar, terutama pelajar setingkat SMP kelas VIII dan di atasnya yang belum mengetahui lapisan-lapisan pada tumbuhan yang sering dijumpai tersebut. Sedikitnya tingkat keingin tahuan pelajar membuat para pelajar masih banyak yang belum mengenal dan bahkan tidak mengetahui sama sekali. Augmented Reality (AR) adalah suatu yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Aplikasi ini akan memasukkan teknologi Augmented Reality kedalam lapisan tumbuhan monokotil dan dikotil sehingga aplikasi ini menjadi lebih nyata dan menarik, dengan adanya objek 3D pada lapisan tumbuhan-tumbuhannya. aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android. Sebelum membuat objek 3D seharusnya mendaftarkan marker ke Vuforia agar 3D bisa tracking kemudian tampil, kemudian setelah terdaftar di Vuforia dan sudah membuat objek 3D di Blender maka objek 3D akan tampil di atas marker. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan meningkatkan minat pelajar SMP kelas VIII keatas terhadap mata pelajaran Biologi, khususnya materi lapisan tumbuhan.