PENGARUH METODE JARIMETIKA TERHADAP KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS III MIN 4 TULUNGAGUNG (MIN PUCUNG) NGANTRU TULUNGAGUNG
Daftar Isi:
- ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Jarimetika Terhadap Keaktivan dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Tuty Dwi Rahayu, NIM. 1725143287, pembimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Jarimetika, Keaktivan, dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pelajaran matematika di MI, dimana siswa kurang menguasai dan memahami bahkan nilainya memprihatinkan pada pelajaran matematika khususnya materi perkalian. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode Jarimetika. Penggunaan metode Jarimetika ini dalam proses pembelajaran dapat membantu memunculkan keaktivan siswa dalam belajar matematika dan hasil belajar dapat meningkat. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode Jarimetika terhadap keaktivan siswa kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh metode Jarimetika terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung yang berjumlah 40 siswa dan seluruh siswa kelas III MI Sunan Giri Boro Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 36 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IIIA dan IIIB MIN 4 Tulungagung sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIIA dan IIIB MI Sunan Giri Boro sebagai kelompok. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keaktivan belajar siswa. Metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa informasi mengenai respon siswa terhadap pelajaran matematika dengan materi perkalian serta informasi-informasi yang dibutuhkan dan digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, dan dokumen madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dari metode Jarimetika terhadap keaktivan siswa kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada analisis skor hasil observasi keaktivan siswa dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh perbedaan yang signifikan dari hasil observasi keaktivan kelompok eksperimen (M=12.75, SD=4.413) dan kelompok kontrol [M=9.22, SD=4.770; t(74)=3.349, p=0.001], maka Ho ditolak dan Ha diterima, 2) Ada pengaruh yang signifikan dari metode Jarimetika terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian siswa kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada analisis skor peningkatan (gain) hasil belajar siswa dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh perbedaan yang signifikan dari hasil skor peningkatan (gain) hasil belajar siswa kelompok eksperimen (M=24.95, SD=16.522) dan kelompok kontrol [M=2.28, SD=17.915; t(74)=5.739, p=0.000], maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Jarimetika dalam pelajaran matematika mampu mempengaruhi keaktivan dan hasil belajar matemtika pada materi perkalian siswa kelas III MIN 4 Tulungagung (MIN Pucung) Ngantru Tulungagung.