PERBEDAAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SD MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT

Main Authors: Hutama, Pindi Darma, Relmasira, Stefanus Christian, Hardini, Agustina Tyas Asri
Other Authors: Universitas Kristen Satya Wacana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2019
Subjects:
Online Access: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/11
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/11/pdf
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/downloadSuppFile/11/3
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dari kemampuan kolaborasi dan hasil belajar pada penerapan pembelajaran Matematika siswa kelas 4 SD menggunakan pembelajaran cooperatif learning tipe Numbered Head Together dan Teams Game Tournament. Subjek dari pelaksanaan penelitian ini adalah siswa kelas 4A yang berjumlah 34 dan siswa kelas 4B yang berjumlah 34 siswa yang berasal dari SD N 16 Purwodadi. Desain dari pelaksanaan penelitian ini adalah eksperimen semu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pembelajaran yang menggunakan model Teams Games Tournament lebih efektif dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model Numbered Head Together. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh berupa hasil uji analisis nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,023. Maka 0,023 < 0,05 sehingga Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Perbedaan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar antara model Teams Games Tourment dan Numbered Head Together dikarenakan pada pembelajaran yang menerapkan model Teams Games Tournament sangat mengandalkan kerjasama dalam mengatasi masalah yang diberikan oleh guru sehingga siswa lebih sering berinteraksi dengan siswa yang lain dan dapat meningkatkan kemampuan diri dalam memahami materi melalui interaksi dengan siswa yang lain.