Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis berdasarkan data dan fakta tentang penanaman karakter kemandirian anak pada keluarga orangtua tunggal khususnya mengenai nilai apa saja dalam penanaman karakter kemandirian anak pada keluarga orangtua tunggal serta mendeskripsikan bagaimana cara orangtua tunggal dalam menanamkan karakter kemandirian di RW 11 Kelurahan Duren Sawit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan dengan informan dan key informan. Wawancara dilakukan dengan 4 (empat) anggota keluarga dari keluarga orangtua tunggal dan 2 (dua) tetangga dari keluarga orangtua tunggal selaku ketua RT 01 dan RT 012. Serta dengan 5 (lima) key informan yaitu selaku Ibu sebagai orangtua tunggal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman karakter kemandirian anak pada keluarga orangtua tunggal difokuskan pada beberapa karakter kemandirian yang ditanamkan oleh orangtua tunggal kepada anak sudah dapat dikategorikan sebagai anak yang mandiri serta memenuhi kemandirian baik dalam fisik maupun afeksi yaitu (1) kemandirian fisik melalui tanggung jawab, pengembangan minat bakat dan kreativitas, nilai kedisplinan dan norma kesopanan, (2) kemandirian afeksi melalui pengembangan kegiatan akademik dan keterampilan hidup sehari-hari. Cara orangtua tunggal menanamkan karakter kemandirian anak melalui pembiasaan dan komunikasi antara orangtua dengan anak, melalui cara yang dilakukan oleh orangtua tunggal sudah dapat direalisasikan. This research aims to get the identify based on data analysis and facts about building the character of children’s independence in a single-parent families about the value to develop the children’s independence and to describe how single-parent family to build and develop the character of children’s level of indepencence in RW 11 Duren Sawit Village. This research uses qualitative approach with phenomenology. Data collection was conducted by observation, documentation and an in-depth interview process on 4 (four) family members from single-parent families, 2 neighbors from single-parent families in RT 01 and RT 012, and 5 key informants as a single-mother. This research concludes that the building of children’s character in a single-parent families can be categorized as an independent child with the value of independence in both physical and affective is work, which is (1) physical independence through responsibility, the development of talents and creativity, the value of discipline and norms of politeness, (2) the independence of affection through the development of academic activities and daily life skills. The process of single-parent families instill the independence character of children through habituation and communication between parents and children, through that method can be solved properly.