TEACHER’S REINFORCEMENT STRATEGIES AND STUDENTS’ RESPONSE IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES (A Case Study at SMP Negeri 2 Jakarta)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti strategi penguatan guru dan respon siswa dalam aktifitas kelas bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Mei 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Data dari penelitian ini adalah ujaran guru dan respon siswa dari penguatan yang digunakan oleh guru. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 8 di SMP Negeri 2 Jakarta. Alat penelitian ini adalah observasi kelas dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lima strategi yang digunakan oleh guru; verbal reinforcement, gestural reinforcement, proximity reinforcement, activity reinforcement and token reinforcement. Token reinforcement diperoleh melalui wawancara guru dan siswa. Strategi penguatan yang paling banyak digunakan adalah verbal reinforcement sebesar 44% untuk mendorong siswa mengerjakan tugas dan tetap memperhatikan pelajaran. Hasil berikutnya adalah respon siswa terhadap strategi penguatan guru diklasifikasikan menjadi dua kategori; respon lisan dan non-lisan. Respon lisan siswa untuk menjawab pertanyaan guru dan untuk bertanya kejelasan topik. Dari respon non-lisan siswa untuk mengerjakan perintah guru, memperhatikan dan mengangguk