Daftar Isi:
  • UPAYAMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PERMAINAN KECIL DENGAN ALAT DALAM PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS V SDN CIRACAS 10 JAKARTA TIMUR (Study Penelitian Tindakan Kelas SDN Ciracas 10 Jakarta Timur) (2017) Alfera Khikmatul Latifah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui permainan kecil dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Ciracas 10 Jakarta Timur dimulai pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2017, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I motivasi belajar siswa memperoleh persentase 24% dari jumlah 6 siswa yang mencapai skor motivasi 67-88. Siklus II naik menjadi 98% dari jumlah 31 siswa yang mencapai skor motivasi 67-88. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan permainan kecil dengan alat pada siklus I memperoleh persentase 75% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan 95%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan kecil dengan alat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan menggunakan: permainan kecil dengan alat dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa di Kelas V SDN Ciracas 10 Jakarta Timur. Kata kunci: Motivasi Belajar, Permainan Kecil dengan alat.