EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL HUDA DESA SUKA MAJU KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | ELSA DWI RIANA, TRA 151753, Asmawati, Asmawati, K, Nurmalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1454/1/TRA151753_ELSA%20DWI%20RIANA_PIAUD%20-%20elsadwi%20riana.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1454/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan bicara dan berbahasa pada manusia ini akan berkembang dengan baik dalam suasana yang dipenuhi suara dan gambar, serta terus menerus berhubungan dengan bahasa dan pembicaraan dari manusia lainnya. Menyadari hal tersebut penulis memilih untuk mencoba mengajarkan beberapa nyanyian kepada anak-anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Nurul Huda Desa Suka Maju . Kegiatan ini sengaja penulis adakan mengingat jumlah anak yang terlihat belum ada kegiatan yang merangsang perkembangan kemampuan bahasa anak yang di ajarkan di Taman Kanak-Kanak tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Nurul Huda Desa Suka maju . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 yang berjumlah 20 anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Indikator keberhasilan yang di tetapkan yaitu jika minimal 85% dari 20 anak memiliki keberhasilan dalam memahami dan menghapal lagu yang telah diajarkan oleh gurunya dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak dan meningkat setelah adanya tindakan melalui bernyanyi. Pada siklus I presentasi kreativitas anak sebesar 30 % yang berkembang sangat baik.. Pada siklus II presentasi anak sebesar 85% yang berkembang sangat baik. Perolehan presentase tersebut menunjukkan bahwa perkembangan berbahasa anak kelompok B2 dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 85%.