Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah, padahal dalam pembelajaran siswa dituntut aktif, pembelajaran yang kurang variasi akan menimbulkan kejenuhan dalam pembelajaran. Salah satu cara yang digunakan guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik adalah dengan menggunakan pembelajaran diluar kelas. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran diluar kelas untuk menghilangkan kejenuhan belajar peserta didik. Skripsi ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran diluar kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran diluar kelas. Untuk mengetahui apakah pembelajaran diluar kelas dapat menghilangkan kejenuhan belajar peserta didik. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran diluar kelas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek pembelajaran diluar kelas. Dengan responden Waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan siswa kelas 8. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Hasil penelitian strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran diluar kelas yaitu 1) strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran diluar kelas adalah strategi kooperatif learning dan metodenya adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan hafalan. 2) strategi pembelajaran diluar kelas dapat menghilangan kejenuhan belajar peserta didik, yang mana siswa senang dengan adanya pembelajaran diluar kelas. 3) kelebihan dan kekurangan pembelajaran diluar kelas, kelebihanya udaranya sejuk, suasana baru, tempatnya luas dan alat penunjang belajar terpenuhi, kekuranganya kurang fokus dalam belajar dan waktunya lebih lama.