Perancangan kampanye sosial deteksi dini kanker payudara
Main Author: | Septiara, Monika Fragaria Vesca |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/2548/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/2548/ |
Daftar Isi:
- Kanker payudara adalah suatu penyakit yang muncul karena adanya sel-sel ganas yang tumbuh pada jaringan payudara. Kanker ini lebih banyak menyerang kaum perempuan dan menempati peringkat pertama dengan penderita terbanyak di Indonesia. Kanker payudara pada stadium awal tidak menimbulkan suatu gejala atau rasa sakit. Sebagian besar penderita datang berobat ke rumah sakit saat penyakit mereka mulai memasuki stadium lanjut. Oleh karenanya, melakukan deteksi dini sebagai suatu bentuk pencegahan menjadi sangat penting, agar penyakit ini dapat diketahui lebih awal. Akan tetapi, masih banyak kaum perempuan yang belum mengetahui dan melakukan deteksi dini dengan metode periksa payudara sendiri (SADARI). Berdasarkan paparan tersebut, masyarakat perlu diingatkan dan diberi informasi tentang definisi, gejala, faktor resiko serta bahaya kanker payudara, pentingnya melakukan SADARI, dan cara melakukan SADARI. Salah satu bentuk penyampaiannya yaitu melalui kampanye sosial dengan menggunakan model kampanye Ostergaard dan teknik persuasi pay off idea. Upaya yang dilakukan adalah dengan pembuatan infografis cara melakukan periksa payudara sendiri (SADARI) serta pembuatan slogan “SADARI Sebelum Terlambat” yang diaplikasikan pada media brosur, sosial media, door hanger, stiker, dan hanging paper.