Penerapan Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam Project Selection di PT Syngenta Indonesia
Main Author: | Tanzil, Marcelino |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10201/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10201/ |
Daftar Isi:
- Semakin berkembangnya perekonomian di industri, mengharuskan beberapa perusahaan untuk bisa memajukan perekonomian dibidangnya masing-masing. Salah satunya dibidang pertanian. Bidang pertanian saat ini menempati posisi kelima dari enam pertumbuhan PDB menurut lapangan usaha. Untuk menaikan pertumbuhan perekonomian PDB, perusahaan juga perlu memperhatikan proyek yang akan dipilih agar membantu dalam mengembangkan perekonomian yang ada. Pada dasarnya proyek membantu dalam perekonomian karena berhubungan dengan permintaan, penawaran, untung/rugi, dan lain-lain. Pada penelitian ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan menilai pembobotan dari 5 kriteria, yaitu kelayakan operasional (operational feasibility), dampak kepada pelanggan (customer impact), dampak finansial (financial impact), komitmen manajemen & keterlibatan karyawan (management commitment & employee involvement), dan potensi berkembang & pembelajaran (learning and growth potential). Penelitian ini menggunakan kuesioner kepada 5 responden yang terlibat terhadap proyek yang dijalankan di PT Syngenta Indonesia khususnya divisi marketing. Dengan melakukan pembobotan untuk masing-masing proyek berdasarkan kriteria-kriteria yang ada, dapat menentukan dalam pengambilan keputusan project selection.