Strategi Penggunaan Influencer Marketing dalam Menunjang Kegiatan Promosi Penjualan Beauty E-Commerce Sociolla.com
Main Author: | Anindita R Banjuradja, Teresa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10111/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10111/ |
Daftar Isi:
- Sociolla merupakan beauty e-commerce yang dalam kurun waktu 4 tahun ini berkembang pesat dan dapat bersaing dengan beauty e-commerce lainnya di Indonesia. Dalam kurun waktu empat tahun, Sociolla sudah mampu membuat tiga platform khusus kecantikan, dan menjadi distributor resmi dari beberapa merek luar, Sociolla juga sudah membuat dua offline store di dua mall yang berbeda. Perkembangan Sociolla yang pesat ini, didukung oleh kegiatan pemasaran Sociolla yang beragam, salah satunya adalah aktivitas influencer marketing. Dalam penelitian ini peneliti mau menganalisa strategi pemilihan Bellinda Putri sebagai salah satu influencer yang digunakan oleh Sociolla dalam mendukung kegiatan promosi penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Peneliti memperoleh data melalui wawancara dan observasi dibantu dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sociolla telah melakukan pemilihan Bellinda Putri sebagai influencer berdasarkan 4 aspek kriteria pemilihan influencer menurut Konsep Influencer's ABCC oleh Backaler (2018). Akan tetapi, ada satu faktor penting lain bagi Sociolla dalam memilih influencer yaitu mengenai attitude dan profesionalitas dalam bekerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam strategi penggunaan influencer kedepannya.