UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Isna Rahmiyati, 10144600106
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
dll
Online Access: http://repository.upy.ac.id/766/3/Dokumen%20Bab%20I.PDF
http://repository.upy.ac.id/766/1/Dokumen%20Bab%20II.pdf
http://repository.upy.ac.id/766/2/Dokumen%20BAB%20III.pdf
http://repository.upy.ac.id/766/4/Dokumen%20BAB%20IV%20new.pdf
http://repository.upy.ac.id/766/5/Dokumen%20Bab%20V.PDF
http://repository.upy.ac.id/766/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa di kelas I SD Muhammadiyah Banguntapan Bantul dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Banguntapan pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Banguntapan yang berjumlah 35 siswa dan objek penelitian ini adalah penggunaan media gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya keterampilan membaca yaitu minimal 85% dari jumlah siswa di kelas mendapat nilai mencapai KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media ambar dapat disimpulkan bahwa: (1) keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dari rata-rata nilai keterampilan membaca sebelum tindakan sebesar 78,31 dengan persentase 54% menjadi 85,45 dengan persentase ketuntasan 71% pada siklus I dan rata-rata 87,33 dengan persentase ketuntasan 89% pada siklus II; (2) pembelajaran pada siklus I dan siklus II secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai RPP.