Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendesrkipsikan tentang keadaan perusahaan, yaitu PT Bank Bukopin Cabang Banjarmasin yang mengalami masalah belum tercapainya target penyaluran kredit Pensiunan. Oleh karena itu maka tujuan penelitian adalah merumuskan strategi pemasaran yang perlu diterapkan oleh PT Bank Bukopin Cabang Banjarmasin untuk meningkatkan penjualan produknya. Penelitian ini dilakukan dengan analisis data yang berpedoman pada data yang diperoleh dari penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dimana datanya diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, masih kurang efektifnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya masalah pada perusahaan yaitu belum tercapainya target yang telah ditentukan pada beberapa bulan terkahir. Implementasi strategi pemasaran yang perlu diterapkan oleh perusahaan adalah melakukan strategi pemasaran yang mengarah kepada strategi bauran pemasaran yang antara lain dapat dilakukan melalui pengembangan promosinya yang didukung dengan strategi yang tepat. Rekomendasi yang diberikan adalah perusahaan perlu melakukan riset pemasaran untuk dapat membantu dalam penentuan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan tersebut. Kata kunci: Strategi Pemasaran