IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA HUBUNGAN SOSIAL ANTAR WARGA SEKOLAH DI SMP NEGERI 2 TEMPUREJO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | SHOFIYA RAHMANA, 084 111 090 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/94/1/Cover%20Shofi.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/5/BAB%20IV%20OK.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/6/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/7/1.%20Dftr%20Pustaka.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/94/ |
Daftar Isi:
- Shofiya Rahmana, 2015. Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membina Hubungan Sosial Antar Warga Sekolah Di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Dosen Pembimbing Drs. Sarwan M.Pd Pendidikan dalam Undang-Undang Republik Nomor 20 Tahun Pelajaran 2003 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dengan adanya pendidikan multikultural di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember, peserta didik akan diarahkan menjadi manusia yang berbudaya serta memiliki sikap sosialisasi yang tinggi, saling menghormati dan menghargai sesama manusia dalam segala perbedaan yang ada. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep implementasi pendidikan multikultural dalam membina hubungan sosial di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana implementasi pendidikan multikultural dalam membina hubungan sosial antar warga sekolah di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Bagaimana evaluasi implementasi pendidikan multikultural dalam membina hubungan sosial antar warga sekolah di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana konsep implementasi penidikan multikultural dalam membina hubungan sosial antar warga sekolah di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi cara membina hubungan sosial warga sekolah di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. (3) untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi implementasi pendidikan multikultural dalam membina hubungan sosial antar warga sekolah di SMP Negeri 2 Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subjek penelitiannya menggunakan purposive sampling, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumenter. Untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif interaktif dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang telah disimpulkan berdasarkan tanggapan dari informan, bahwa pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai perbedaan, pendidikan multikultural senantiasa menciptakan struktur dan proses di mana setiap kebudayaan bisa melakukan ekspresi dan dengan adanya beberapa penerapan kegiatan atau metode yang telah diterapkan dapat meningkatkan sosialisasi siswa antar warga sekolah di SMP Negeri 2 Tempurejo-Jember