Teaching Writing By Combining Knowledge Telling And Think Sheet Strategies At Junior High School
Main Author: | Tri, Rahma Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9933/1/10040273%20TRI%20RAHMA%20YUNI.PDF http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9933/2/ABSTRAK%20-%202020-07-07T133527.998.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9933/3/CHAPTER%20IV%20%2865%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9933/4/REFERENCES%20-%202020-07-07T133635.439.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9933/ |
Daftar Isi:
- Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran menulis di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam mengajar menulis sehingga siswa tertarik dan lebih termotivasi. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran menulis dengan menggunakan dua strategi yaitu Knowledge Telling Strategy dan Think Sheet Strategy.Knowledge Telling Srategy merupakan salah satu srategi dalam mengajar menulis. Strategi ini menuntun siswa lebih kreatif dan pengetahuannya dalam mengeluarkan ide-ide dari sebuah topik yang dibahas. Dengan menerapkan strategi Knowledge Telling akan membantu siswa menyukai pelajaran menulis dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Disamping itu srategi Knowledge Telling ini juga mudah dimengerti oleh siswa. Think Sheet Strategy adalah salah satu dari strategi menulis yang mana meminta siswa untuk menguji pengetahuannya terhadap sebuah topik dari cerita sebelum mereka membaca keseluruhan cerita tersebut dan membandingkan pengetahuannyasetelah membaca dengan menggunakan pertanyaan yang berhubungan dengan pokok permasalahan baik dari guru maupun dari siswa tersebut. Strategi ini mendorong seluruh siswa untuk terlibat dalam menulis dan berfikir kritis ketika mereka bertemu dengan teks yang belum mereka baca atau sudah mereka baca. Sehingga dalam strategi ini siswa akan lebih mudah mengetahui isi cerita dari contoh teks yang diambil. Penulis mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam pengajaran menulis. Serta dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa siswa pada tingkat SMP. Kata Kunci : Knowledge Telling and Think Sheet Strategies, writing