Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 21 Padang
Main Author: | Olga, Tamara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/974/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/974/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/974/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/974/4/13050089%20OLGA%20TAMARA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/974/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa kurang mampu bekerjasama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 21 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 21 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel diambil secara acak, terpilih siswa kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Intsrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk essay. Teknik analisis tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data nilai siswa diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 2,12 dan ttabel= 1,67, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 21 Padang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.