Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Lina, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/92/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/92/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/92/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/92/4/12010207%20LINA%20SARI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/92/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu dalam proses pembelajaran siswa masih terpusat pada guru serta kurangnya aktivitas siswa sewaktu mengikuti pelajaran biologi di kelas. Disaat guru memberikan pelajaran siswa hanya duduk melihat, mendengar, mencatat dan siswa kurang berani bertanya saat proses pembelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan masalah tersebut telah di lakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal tahun pelajaran 2016/2017. Kelas eksperimen kelas X1 dan kelas kontrol X2 yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Rancangan penelitian ini adalah randomized control group posttest only design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranah kognitif adalah soal objektif, untuk ranah afektif dapat dilihat pada sikap dan prilaku siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Analisis data hasil tes akhir kelas sampel dilakukan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian di dapat nilai konversi hasil tes akhir pada kelas eksperimen 2.71 dengan predikat (B) dan pada kelas kontrol 2.30 dengan predikat (C). Hasil uji-t didapat harga thitung = 2.53 <ftabel= 1,67, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Nilai untuk ranah afektif pada kelas eksperimen didapat nilai modus keseluruhan 3,0 dengan predikat (B) dan kelas kontrol nilai modus keseluruhan 2,96 dengan predikat (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar aktif tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.