Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 20 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 20 Sijunjung Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih pertama yaitu VIIIA sebagai kelas eksperimen dan yang terpilih kedua yaitu kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Tes hasil belajar matematika dalam bentuk essai dengan reliabilitas tes adalah r11= 0,928. Hasil analisis tes akhir diketahui hasil kedua kelas sampel berdistibusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh