Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Media Video terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok
Main Author: | Neelam, Pricellya Laras |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8299/1/ABSTRAK1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8299/2/NEELAM%20PRICELLYA%20LARAS%2015010020%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8299/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8299/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8299/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ditemukan yakni proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan RPP, kurangnya partisipasi siswa saat berdiskusi, siswa mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan, informasi yang disampaikan oleh guru kurang dimengerti siswa, hasil belajar dibawah KKM, penggunaan media power point, sehingga proses efek rumah kaca tidak dimengerti bagi siswa dengan baik. Maka diterapkanlah model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media video dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model dan media tersebut terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ialah eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posstest Only Design. Seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 untuk populasi penelitian. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling sehingga terpilih kelas VII.1 dijadikan untuk kelas eksperimen dan kelas VII.2 dijadikan untuk kelas kontrol. Instrument dalam penelitian pada ranah afektif yaitu observasi sikap ( bertanggung jawab dan bekerjasama dalam kelompok ), instrument pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis, dan instrument pada ranah psikomotor berpa produk (sistematika laporan dan keterbacaan laporan. Penggunaan uji t’ digunakan untuk ranah afektif sebagai teknik analisis data dan uji t digunakan pada ranah kognitif dan psikomotor untuk teknik analisis data. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata kelas eksperimen untuk ranah afektif 79,98 , sedangkan kelas kontrol 64,21. Hipotesis pada ranah afektif diterima dengan t’hitung 1,90 > ttabel 1,67 yang didapatkan dari taraf nyata 0,05. Pada penilaian ranah kognitif rata-rata nilai siswa 62,38 untuk kelas eksperimen dan 53,22 untuk kelas kontrol, diperoleh bahwa hipotesis diterima dengan thitung 2,90> ttabel 1,67 dari taraf nyata 0,05. Pada ranah psikomotor rata-rata nilai siswa 56,74 untuk kelas eksperimen dan 46,03 kelas kontrol didapat bahwa hipotesis diterima dengan thitung 2,04 > ttabel 1,67 dari taraf nyata 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media video dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada pada ranah kognitif, afektif serta psikomotor kelas VII SMPN 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.