Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena kurangnya keaktifan siswa dan bekerjasama dalam kelompok, kurangnya keseriusan dalam mengikuti pembelajaran dan kurangnya pemberian variasi media yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar, hal ini berdampak terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas X SMAN 1 Sutera. Dimana siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 46 orang (37,40%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 77 orang (62,60%) dari 123 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Sutera. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sutera. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen X IPA 2 dan kelas kontrol X IPA 6, rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan untuk ranah afektif berupa penilaian observasi, sedangkan pada ranah kognitif adalah tes tertulis dan pada ranah psikomotor digunakan laporan diskusi. Teknik analisis data pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 95% (α= 0,05). Berdasakan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil belajar pada ranah Afektif yaitu rata-rata nilai kelas eksperimen 85,06 dan rata-rata nilai kelas kontrol 83,4. Hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 0,81 < ttabel 1,67, maka hipotesis H1 ditolak. Sedangkan pada ranah Kognitif didapatkan rata-rata nilai kelas eksperimen 68 dan rata-rata nilai kelas kontrol 65. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh ( thitung 2,36 > ttabel 1,67) dengan demikian hipotesis H1 diterima. Dan pada ranah Psikmotor rata-rata nilai kelas eksperimen 65,69 dan rata-rata nilai kelas kontrol 75,97. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh ( thitung -1,90 < ttabel 1,67), maka hipotesis H1 ditolak, berarti penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai media gambar tidak dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sutera pada ranah afektif dan psikomotor, sedangkan pada ranah kognitif penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sutera.