Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, siswa cenderung malas jika ditugaskan menulis paragraf deskriptif, hal ini disebabkan karena sulitnya mengungkapkan pikiran kedalam bentuk tulisan paragraf deskriptif. Kedua, kurangnya pengetahuan yang dimiliki sehingga sulit membedakan antara jenis paragraf deskriptif dengan jenis paragraf yang lainnya seperti paragraf ekspositif, naratif, argumentatif, dan persuasif. Ketiga, penggunaan media yang kurang menarik di sekolah sehingga menyebabkan proses pembelajaran menulis paragraf deskriptif terkesan kurang menarik dan monoton. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis Paragraf Deskriptif dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas X SMA N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis Paragraf Deskriptif dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas X SMA N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 134 orang yang tersebar dalam 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling atau teknik persentase secara acak. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 34 orang siswa yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi siswa per kelas. Data penelitian ini berupa hasil tes paragraf deskriptif siswa kelas X SMA N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Data penelitian dikumpulkan dengan cara memberikan tes unjuk kerja kepada siswa untuk mengetahui berapa jumlah skor dan nilai siswa dalam menulis paragraf deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, kemampuan menulis paragraf deskriptif dengan menggunakan media poster siswa kelas X SMA N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan, untuk indikator 1 (detail tentang objek) tergolong lebih dari cukup (66 – 75%) dengan rata-rata hitung 74,90. Kedua, untuk indikator 2 (memberikan pengaruh sensitivitas dan imajinasi) tergolong hampir cukup (46 – 55%) dengan rata-rata hitung 54,89. Ketiga, untuk indikator 3 (pilihan diksi menggugah dan memikat) tergolong baik sekali (86 – 95%) dengan rata-rata hitung 88,23. Keempat, untuk indikator 4 (memaparkan sesuatu yang dapat didengar, dilihat, dan dirasakan) baik sekali (86 – 95%) dengan rata-rata hitung 95,09. Kelima, untuk indikator 5 (menggunakan susunan ruang) tergolong sempurna (95 – 100%) dengan rata-rata hitung 98,03. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf deskriptif dengan menggunakan media poster siswa kelas X SMA N 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan untuk gabungan kelima indikator tergolong sempurna (96 − 100%) dengan rata-rata hitung (M) 98,82.