Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa KelasX Lintas Minat SMAN 7 Solok Selatan

Main Author: Novi, Susanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6520/5/14010186%20%20NOVI%20SUSANTI%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6520/1/Abstrak.docx
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6520/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6520/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6520/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang masih didominasi oleh guru,siswa cenderung pasifdan kurang berpartisipasi dalam pembelajaran,model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum membuat siswa termotivasi dalam belajar. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 7 Solok Selatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Video terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X Lintas Minat SMAN7 Solok Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Solok Selatan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen X IIS 1 dan kelas kontrolXIIS2,rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design.Instrumen penelitian yang digunakan untuk kognitif adalah tes tertulis (soalobjektif sebanyak 35 butirsoal), sedangkan ranah afektif berupa lembaran observasisikap (penilaian diridan penilaian antar teman) dan psikomotor digunakan penilaian produk (makalah). Teknik analisis data kognitif menggunakan uji-tdengan taraf korelasi kepercayaan 95%(α=0,05) Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil tes belajar biologi siswayaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 68,71dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah59,56.Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (1,94)>ttabel(1,68)yang berarti hipotesis pada penelitian ini hipotesis diterima. Pada ranah penilaian afektifdiperoleh nilai sikap siswa pada kelas eksperimen (57,50) kelas kontrol (69,14) Pada penilaian ini,diperolehranaha fektif didapatkan t-hitung -0,49<t-tabel 1,68,maka Hipotesis ditolak.Sedangkan ranah psikomotor diperoleh nilai pada penilaian makalah kelas eksperimen (82) kelas kontrol (79) pada ranah psikomotor didapatkan t-hitung 0,36<t-tabel 1,71, maka hipotesis ditolak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran InkuiriTerbimbing disertai video dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada penilaian pengetahuan,tetapi pada penilaian sikap,dan keterampilan tidak terjadi peningkatan hasilbelajar siswa kelas X SMAN7 Solok Selatan.