Pengaruh Keterlibatan Organisasi, Penggunaan Smartphone, Teman Sebaya Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII MTsN 6 (Model) Padang

Main Author: Zetmi, Mai Yuhetmi Kaswati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6185/3/14090280%20ZETMI%20MAI%20YUHETMI%20KASWATI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6185/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6185/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6185/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6185/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh keterlibatan organisasi secara parsial terhadap kecerdasan emosional, 2 )pengaruh penggunaan smart phone secara parsial terhadap kecerdasan emosional, 3) pengaruh teman sebaya secara parsial terhadap kecerdasan emosional, 4) pengaruh pola asuh orang tua secara parsial terhadap kecerdasan emosional, 5) pengaruh keterlibatan organisasi, penggunaan smartphone, teman sebaya dan pola asuh orang tua secara stimultan terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTsN 6 (Model) Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif danasosiatif .Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTSN 6 (Model) Padang sebanyak 694. Sampel berjumlah 122 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling.Teknik analisis data yang digunakanadalahanalisis deskriptif, induktif dana nalisis regresi linear berganda.dengan bantuan program Eviewsversi 8. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Variabel keterlibatan organisasi berpengaruh signifikan pada kecerdasan emosiona, terutama pada siswa yang orang tuanya berpendidikan tinggi dibandingkan pendidikan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,22 dan 0,27 dan thitung masing-masing sebesar2,084 ≥ ttabel 2,016 dan sebesar2,317 ≥ ttabel1,992. 2) Variabel penggunaan smartphone berpengaruh signifikan pada kecerdasan emosional terutama orang tua pendidikan rendah dibandikan pendidikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,36 dan 0,34 dan thitung masing-masing sebesar 3,459 < ttabel 2,016 dan thitung 4,248 < ttabel 1,992. 3) Variabel teman sebaya berpengaruh signifikan pada kecerdasan emosional terutama orang tua pendidikan tinggi dibandingkan berpendidikan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,21 dan 0,26 nilai dan thitung masing-masing sebesar2,213 ≥ ttabel2,016dan2,844 ≥ 1,992ttabel. 4) Variabel pola asuh orang tua berpengaruh signifikan pada kecerdasan emosional terutama orang tua pendidikan rendah dibandingkan pendidikan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien 0,25 dan 0,19 nilai dan thitung masing-masing sebesar 2,849 ≥ ttabel 2,016 dan 2,293 ≥ ttabel1,992. 5) Keterlibatan organisasi, Penggunaan smartphone, Teman sebaya dan Pola asuh orang tua bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kecerdasan emosional dengan nilai Fhitung 5,753 > Ftabel 2,68 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal iniberarti H0ditolak dan Haditerima.