Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Di SMPN 30 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Wulan, Safitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6019/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6019/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6019/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6019/4/12010069-WULAN%20SAFITRI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6019/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar biologi siswa di SMPN 30 Padang karena proses pembelajaran masih terpusat/didominasi oleh guru. Media pembelajaran berupa buku paket dan LKS sebagai sumber bacaan kurang maksimal untuk dijadikan media pada materi zat aditif makanan. Kurangnya komunikasi siswa dengan guru dan sesama siswa dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka guru dituntut kreatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran serta media pembelejaran yang tepat, khususnya pada materi zat aditif makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning disertai video terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 30 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas sebagai kelas eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Rata-rata hasil tes akhir untuk ranah kognitif siswa kelas sampel, pada kelas eksperimen adalah 88,08 dan 81,25 untuk kelas kontrol. Berdasarkan Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh > yaitu 3,22 > 1,66. Artinya hipotesis ranah kognitif pada penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapkan model pembelajaran Problem Based Learning disertai video dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa dan juga sikap, psikomotor siswa kelas VIII di SMPN 30 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.