The Implementation of Cooperative Learning Strategy in Teaching speaking at SMPN 1 Ranah Batahan Silaping Pasaman Barat
Main Author: | Ratih, Widianingsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4353/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4353/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4353/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4353/4/11040024%20RATIH%20WIDIANINGSIH%20THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4353/ |
Daftar Isi:
- Penerapan strategi kooperatif pembelajaran disekolah yang dilakukan oleh guru selama ini hanya mencakup beberapa bagian didalam prosedur strategi kooperatif pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi kooperatif pembelajaran dalam kelas untuk pengajaran berbicara di SMPN 1 Ranah Batahan Silaping PasamanBarat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan descriptive untuk menganalisis proses penerapan strategi kooperatif pembelajaran yang digunakan guru dalam pengajaran berbicara di SMPN 1 Ranah Batahan Silaping Pasaman Barat. Untuk kerangka analisa peneliti menggunakan kualitatif research untuk menjawab pertanyaan penelitian. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi ceklist dan video. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dua dari guru bahasa Inggris sudah mempunyai prosedur mereka sendiri dalam menerapkan tekhnik kooperatif pembelajaran dalam kelas, walaupun tidak ke lima indikator yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan data yang didapatkan, peneliti mengambil kesimpulan bahwa kedua partisipan tidak menerapkan semua langkah-langkah dalam indicator penelitian. Kedua partisipan tidak menerapkan indicator nomor 2. Untuk langkah kedua guru tidak memberikan members cards untuk masing-masing kelompok. Berdasarkan temuan tersebut, guru hanya memberikan 4 langkah sesuai dengan langkah-langkah yang sebenarnya, dianjurkan kepada guru agar merujuk kembali penerapan yang telah dilakukan selama ini sesuai dengan langkah-langkah yang sebenarnya.