Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut. Pertama, kurangnya minat siswa dalam menulis teks eksplanasi sebab siswa merasa menulis merupakan hal yang membosankan. Kedua, siswa merasa kesulitan dalam mengemukakan ide-ide pemikiran mereka kedalam sebuah tulisan. Ketiga, siswa sangat kesulitan menentukan struktur dalam pembelajaran teks eksplanasi. Keempat, siswa sangat kesulitan dalam menentukan unsur kebahasaan yang ada di dalamnya. Kelima, diksi masih bercampur dengan bahasa ibu.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan menulis teks Eksplanasi dengan menggunakan kepala bernomor terstruktur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 288 yang tersebar dalam delapan kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling (teknik acak). Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 32 siswa yang diambil 10% dari populasi per kelas. Data dalam penelitian ini berupa skor menulis teks eksplanasi menggunakan metode kepala bernomor terstruktur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Berdasarkan analisis data terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan metode kepala bernomor terstruktur dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode kepala bernomor terstruktur siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang tergolong baik (76-85%) dengan nilai rata-rata hitung 82,3. Pertama, untuk indikator Pernyataan Umum (PU) tergolong baik (76-85%) dengan nilai rata-rata hitung 76,1. Kedua, Deretan Penjelas (DP) tergolong baik (76-85%) dengan nilai rata-rata hitung 77,1. Ketiga, Penutup (Pen.) tergolong baik sekali (86-95%) dengan nilai rata-rata hitung 90,6. Kempat, Konjungsi (Konj.) tergolong sempurna (76-85%) dengan nilai rata-rata hitung 84,4.