Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas VII SMP N 12 Padang
Main Author: | Fitria Novita, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3148/2/11080045%20Fitria%20Novita%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3148/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3148/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3148/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/3148/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lima masalah sebagai berikut ini. Pertama, siswa kurang berminat dalam menulis terutama menulis teks hasil observasi. Kedua, apabila siswa ditugaskan menulis teks hasil observasi kebanyakan ribut karena siswa tidak mengerti cara menulis laporan hasil observasi. Ketiga, siswa kesulitan dalam mengembangkan isi pada setiap bagian teks hasil observasi. Keempat, metode dalam menulis teks hasil observasi kurang bervariasi. Kelima, siswa kurang termotivasi mengikuti pelajaran menulis teks hasil observasi sebab kekurangan gagasan/ide dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII SMP N 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 236 siswa kelas VII SMP N 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 siswa tersebut tersebar di tujuh kelas. Sampel penelitian diambil satu kelas (proportion random sampling) yaitu sebanyak 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor siswa kelas VII SMP N 12 Padang menulis laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) Berdasarkan hasil penelitian diperoleh berdasarkan indikator, maka dapat diambil kesimpulan Pertama, skor Indikator secara keseluruhan rata-rata 87.99 dengan klasifikasi baik sekali (BS).Kedua, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII SMP N 12 Padang untuk indikator judul tergolong baik sekali (BS), rata-rata kemampuan siswa 86.66. Ketiga, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII SMP N 12 Padang untuk indikator klasifikasi umum tergolong baik sekali (BS), dengan rata-rata kemampuan siswa 85.71. Keempat, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII SMP N 12 Padang untuk indikator deskripsi tergolong baik sekali (BS) rata-rata kemampuan siswa 95.23. Kelima, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII SMP N 12 Padang indikator istilah-istilah teknis tergolong cukup (C) dengan rata-rata kemampuan siswa 75.23. Keenam, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) siswa kelas VII SMP N 12 Padang indikator kata konkrit tergolong sempurna (S) dengan rata-rata kemampuan siswa 97.14.