Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah disertai Teknik Berikan Uangnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang
Main Author: | Mutiara Nofa, Nst |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2370/3/12050010%20MUTIARA%20NOFA%20NASUTION.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2370/6/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2370/4/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2370/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2370/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah dan belum sesuai dengan ketetapan penilaian yang diberikan (KKM). Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah disertai teknik berikan uangnya lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Terpilih kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah . Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,78 dan ttabel = 1,67 dengan a=0,05, maka thitung > ttabel dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah disertai teknik berikan uangnya lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri 16 Padang.