Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional, Disiplin Siswa dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lintau Buo
Main Author: | Yana, Mulyanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1626/4/12090271%20YANA%20MULYANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1626/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1626/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1626/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1626/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar. 2) kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar. 3) pengaruh disiplin siswa terhadap motivasi belajar. 4) pengaruh dukungan oranag tua terhadap motivasi belajar. 5) pengaruh kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional, disiplin siswa dan dukungan orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif dimana yang menjadi Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Lintau Buo sebanyak 120 siswa dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 92 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Untuk mengukur variable kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional, disiplin siswa dan dukungan orang tua digunakan alat ukur skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program EVIES versi 16.0 dan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar, dimana nilai koefisien sebesar sebesar 0,325 dengan nilai thitung sebesar 3.800 > ttabel sebesar 1.662. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional terhadap motivasi belajar, dimana nilai koefisien sebesar sebesar 0,652 dengan nilai thitung sebesar 3.049 > ttabel sebesar 1.662. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin siswa terhadap motivasi belajar, dimana nilai koefisien sebesar sebesar 0,627 dengan nilai thitung sebesar 4.438> ttabel sebesar 1.662. Keempat, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap motivasi belajar, dimana nilai koefisien sebesar sebesar 0,418 dengan nilai thitung sebesar 3.612> ttabel sebesar 1.662. Kelima, kompetensi pedagogik guru, kompetensi proesional, disiplin siswa, dan dukungan orang tua secara bersam-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, dimana nilai Fhitung 82.665 > Ftabel 2,70. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data dapat diberikan saran sebagai berikut: Pertama, disarankan guru untuk lebih mendorong motivasi belajar siswa dengan cara memberikan siswa tugas-tugas yang lebih menantang agar siswa bisa lebih senang dalam mencari dan memecahkan masalah soal-soal pembelajaran ekonomi, sehingga bisa lebih mengusasi materi pembelajaran yang diberikan. Kedua, kepala sekolah diharapkan lebih mendorong guru-guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Lintau Buo untuk berusaha meningkatkan kualitas rancang pembelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya. Mendorong guru untuk menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi, agar penyampain materi pembelajaran bisa lebih komprehensif. Ketiga, guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Lintau Buo diharapkan meminta kepada orang tua siswa untuk bisa memberikan modeling yang lebih baik pada siswa, melakukan mentoring yang lebih baik bagi anaknya, dan mengajarkan perilaku-perilaku yang penting bagi anaknya agar berhasil serta berprestasi dalam belajar.