Kemampuan Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Main Author: Leni, Extrisnaweli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10895/2/1008037%20LENI%20EXTRATISNAWELI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10895/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10895/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10895/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/10895/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Alasan penelitian ini dilakukan adalah karena pengetahuan siswa dalam menulis pesan singkat masih kurang dan pembelajaran menulis pesan singkat jarang dilatihkan kepada siswa. Selain itu, kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan atau menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 107 orang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik penyampelan secara acak (proposional random sampling), yaitu 24 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui sebagai berikut ini. (1) Kemampuan Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk indikator 1 tergolong baik (B) dengan nilai 84% karena M-nya berada pada penguasaan 76-85% pada skala 10. (2)Kemampuan Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk indikator 2 tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan nilai 74% karena M-nya berada pada penguasaan 66-75% pada skala 10. (3) Kemampuan Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk indikator 3 tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan nilai 68% karena M-nya berada pada penguasaan 66-75% pada skala 10.Jadi, dapatdisimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Pesan Singkat Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk ketiga indikator tergolong lebih dari cukup (LDC) dengan nilai 75% karena M-nya berada pada penguasaan 66-75% pada skala 10.