Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan
Main Author: | Octa, chamsuri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/104/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/104/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/104/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/104/4/13010008%20OCTA%20CHAMSURI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/104/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, dalam proses pembelajaran kurang terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa, metode yang biasanya digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dalam proses belajar mengajar guru tidak menggunakan media tetapi guru hanya menggunakan buku paket dalam pembelajaran biologi. Dampaknya hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen XIPA.2, kelas kontrol XIPA.3. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian lembar observasi, Instrumen pada ranah kognitif berupa tes ahkir dan instrumen pada ranah psikomotor berupa penilaian hasil laporan diskusi siswa dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan analisis data penilaian ranah afektif kelas eksperimen 71,67 sedangkan pada kelas kontrol 69,71. Analisis data penilaian ranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 77,87 dan 73,03. Analisis data penilaian ranah psikomotor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 74,86 dan 65,02 Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media gambar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi virus pada ranah kognitif di kelas X SMA Negeri 1 Pagai Utara Selatan, dan tidak berpengaruh baik terhadap hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor.