Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Numbered Heads Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 35 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, karena dalam proses pembelajaran siswa kurang tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 35 padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 35 Padang yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen adalah VIII1 dan kelas kontrol adalah VIII2. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai. Hasil analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak, diperoleh nilai = dan , karena maka tolak H0 pada taraf nyata . Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 35 padang.