Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi dan teknik dari penilaian sikap yang digunakan guru Bahasa Inggris di SMAN 4 Padang dalam menilai sikap siswa. Penelitian ini adalah penelitian descriptive qualitative. Populasi dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris kelas XI di SMAN 4 Padang. Penelitian ini menggunakan total sampling technique yaitu dengan mengambil semua guru Bahasa Ingris kelas XI di sekolah tersebut sebagai respondent. SMAN 4 Padang memiliki tiga guru Bahasa Inggris kelas XI. Dengan demikian jumlah respondent dalam penelitian ini adalah tiga orang guru Bahasa Inggris. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan interview. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa guru Bahasa Inggris kelas XI di SMAN 4 Padang memiliki pemahaman yang bagus tentang implementasi dari penilaian sikap dalam menilai sikap siswa. Semua guru Bahasa Inggris kelas XI melakukan semua teknik dari penilaian sikap, seperti: observation, self assessment, peer assessment, journal dan interview. Dalam menilai sikap siswa, beberapa guru menilai berdasarkan aspek-aspek yang telah ada. Namun, masih ada guru yang melupakan beberapa aspek dalam penerapan penilaian sikap.