PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN
Main Authors: | Diana Sari, Eva , Hadiwinarto, Hadiwinarto, Ismail, Ismail |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/5062/1/EVA%20DIANA%20SARI.pdf http://repository.unib.ac.id/5062/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Sains kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Masalah penelitian ini, yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini dilakukan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dengan jumlah siswa 18 orang. Pengumpulan data tentang peningkatan-peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sains dengan menggunakan metode kontekstual diambil melalui tes, sehingga persentase ketuntasan klasikal dapat diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode kontekstual dalam pelajaran Sains dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian dapat dilihat ketuntasan klasilkal meningkat dari menjadi 61,1 % pada siklus I, dan 88,8 % pada siklus II. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode kontekstual pada mata pelajaran Sains di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa.