PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN DAN TANPA PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Main Authors: Wiwit, Wiwit, Hermansyah, Amir, Dody Dori, Putra
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Bengkulu , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/495/1/09.%20Isi%20vol%20x%202012%20-%20Wiwit%20071-078.pdf
http://repository.unib.ac.id/495/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar kimia siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan penggunaan animasi dengan kelas yang hanya diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT tanpa penggunaan media animasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2010-2011 dengan pokok bahasan konsep Redoks. Melalui serangkaian uji statistik terhadap data ∆ (selisih nilai tes akhir dengan tes awal) diperoleh suatu pembuktian hipotesis dengan uji-t. Uji-t ke dua kelas sampel dengan α = 0.01 diperoleh pada pertemuan 1, nilai thitung =3,858 sedangkan t =2,382 berarti t hitung >t tabel sehingga Ha diterima, sementara untuk pertemuan 2, nilai t tabel(0.99)(62) =3,672 sedangkan t tabel(0.99)(62)=2,315 berarti t hitung >t tabel sehingga Ha hitung diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar kimia siswa.