EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VISITBENGKULU SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PROVINSI BENGKULU

Main Authors: NURRAHMAN, ROLAN, Dedi, Supriyadi, Yuliati, Yuliati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20938/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/20938/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sosial instagram @visitbengkulu sebagai media promosi pariwisata. Tanggapan responden terhadap akun instagram @visitbengkulu meliputi aspek frekuensi. Sedangkan promosi wisata dilihat dari dari dimensi perhatian, kesenangan dan ketertarikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis deskriptif. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah followers dari akun instagram @visitbengkulu. Dalam penelitian ini ditetapkan 100 orang followers akun instagram @visitbengkulu sebagai responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication dari Sheizaf Rafaeli yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan pengukuran dengan skala likert, dan menggunakan rumus Linier sederhana, uji validitas, uji reliabilitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa instagram @visitbengkulu efektif dalam mempromosikan wisata. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t tabel sebesar 1.671 dan nilai t hitung untuk sistem instagram @visitbengkulu 6.390. Karena t hitung ≤ t tabel, dan nilai p-value adalah 0.000 (sig) lebih kecil dari alpha 0.05 (confidence interval), artinya pengaruh yang terjadi antara variabel instagram @visitbengkulu terhadap promosi pariwisata Provinsi Bengkulu adalah pengaruh positif signifikan. Instagram @visitbengkulu berpengaruh terhadap promosi pariwisata Provinsi Bengkulu. Penerapan Instagram @visitbengkulu itu sendiri cukup besar dapat dilihat dari jumlah followers-nya sebesar 68.800 meskipun belum sepenuhnya, dengan jumlah pengaruh sebesar 54,2%. Dan sisanya 45,8% dipengaruhi faktor-faktor lain. Dengan adanya instagram @visitbengkulu masyarakat Provinsi Bengkulu dan luar Provinsi Bengkulu khususnya yang mem-follow akun tersebut dapat mengetahui potensi-potensi wisata yang ada di Provinsi Bengkulu. Instagram @visitbengkulu juga menjadi wadah untuk saling berinteraksi dan bertukar informasi terhadap potensi-potensi wisata yang belum ter-explore. Hal ini telah dibuktikan dari antusias followers @visitbengkulu yang saling berkomentar baik itu memberitahu atau mengajak orang lain untuk berkunjung ke wisata yang diposting oleh akun nstagram @visitbengkulu.