PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 42KOTA BENGKULU

Main Authors: Maulidah, Yolanda, V. Karjiyati, V. Karjiyati, Yusuf, Syahril
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14943/1/SKRIPSI_YOLANDA%20MAULIDAH_A1G013114.pdf
http://repository.unib.ac.id/14943/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 42 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, dimana pengambilan tes dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 42 Kota Bengkulu yang terdiri dari kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan uji-t yaitu t hitung pada pretest (1,37) < t tabel (2,00) yang artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada posttest t hitung (3,38) > t tabel (2,00) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan pretest-posttest pada kelas eksperimen 64%, sedangkan di kelas kontrol kenaikan pretest-posttest 59%. Dari kenaikan pretest-posttest menunjukkan bahwa kenaikan pada kelas eksperimen lebih tinggi, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 42 Kota Bengkulu.