GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP KELAS II RUMAH SAKIT BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Main Authors: Misdanayanti, Penulis, Masrif Bahrun, Pembimbing 1, Fonnie E. Hasan, Pembimbing 2
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/795/1/KARYA%20TULIS%20ILMIAH%20MISDANAYANTI.pdf
http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/795/
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Kepuasan adalah tingkat perasaan seorang pasien, setelah membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan yang diharapkannya. Pelayanan gizi di rumah sakit, khususnya pelayanan gizi rawat inap mempunyai kegiatan diantaranya menyajikan makanan kepada pasien dengan tujuan untuk penyembuhan dan pemulihan kesehatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan makanan pada pasien rawat inap kelas II di RSU Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survey, yang telah dilakukan pada tanggal 26 Juli – 6 Agustus 2018 bertempat di Rumah Sakit Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 66 sampel (100%), seluruh responden dalam kategori puas terhadap pelayanan makanan yang diberikan, baik untuk penampilan makanan maupun cita rasa dalam kategori menarik dan enak. Untuk sikap keramahtamahan pramusaji sebagian besar yaitu 65 sampel (98%) dalam kategori ramah, dan untuk ketepatan waktu makan sebagian besar yaitu 62 sampel (94%) dalam kategori tepat waktu